Tips Merawat Sepatu Suede

Memakai sepatu branded merupakan suatu kebanggaan sendiri pada pemakainya, kita lebih dipandang terhormat bila memakai sepatu yang berkelas. Apalagi sepatu sporty yang eyecatching (itu mah yang saya suka). Namun sepatu yang berbahan suede−adalah sepatu yang membutuhkan perawatan khusus−Bisa celaka duabelas jika kita salah merawat sepatu ini, bersih tidak didapat malah sepatu kita jadi rusak. Ada beberapa tips yang akan saya bagi pada anda semua. Sekedar info, sepatu yang saya gunakan sebagai bahan eksperimen adalah Adidas BTB Low versi Boston Celtic:

  1. Gunakan suede protector

Pertama kali Anda membeli sepatu, belilah juga suede protector, semprotkan merata pada sepatu Anda dan sepatu Anda terlindung dari debu dan kotoran (jaminan 100%). Bisa Anda beli di toko sepatu, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.

  1. Karet penghapus

Jika debu terlanjur menempel, Anda bisa menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa saya gunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru.

  1. Penyedot debu

Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang membandel, gunakan layaknya Anda menyedot karpet.

  1. Sikat gigi dan air

Sikat gigi digunakan untuk noda yang yerlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Agar kering letakkan sepatu pada kipas angin, jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!

  1. Sikat pakaian dan air

kadangkala kita menemukan warna permukaan sepatu kita tidak merata. Dengan sikat pakaian yang halus dan sedikit air, sikatkan searah dari ujung sepatu ke pangkal dengan tekanan dan kecepatan yang sama. Setelah itu letakkan sepatu pada kipas angin, sekali lagi jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!

  1. Suede cleaner

Ingin yang praktis? Semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemrot, beres……..

  1. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya

Ada beberapa tips:

  • · Bila akan lama tidak dipakai, masukkan sepatu ke wadahnya dan isikan koran ke dalam sepatu agar bentuknya terjaga.
  • · Masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper agar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: